id='x'>
=============================================================================== ======================================================================================================================

Menu==>>0000 Home ===|=== Website SMA Darussalam ===|===Berita Sains dan Tecno ===|===Jangan di klik!!!===|===Anti malaysia0000

===================================================================================================================

Kamis, 21 Oktober 2010

Penampakan Komet Hartley 2 di Indonesia Hingga 20 November


JAKARTA - Komet Hartley 2 ternyata melintasi wilayah Indonesia sejak kemarin (20/10). Komet ini pun akan terus nampak di atas langit Indonesia sampai tanggal 20 November.

"Syarat untuk melihat komet ini hanyalah langit yang cerah dan memakai binokuler. Komet Hartley bisa dilihat di langit belahan utara di dekat rasi Bintang Tujuh, waktu terbaik untuk melihat penampakan komet ini adalah waktu sesudah bulan purnama tenggelam, atau sebelum matahari terbit," ujar Thomas Djamaluddin, Profesor Riset Astronomi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ketika diwawancara melalui telefon oleh Okezone, Kamis (21/10/2010).

Thomas menjelaskan bahwa proses perjalanan orbit komet Hartley 2 memakan waktu setiap enam setengah tahun sekali. Tanggal 20 Oktober 2010 adalah jarak terdekat komet Hartley dengan Bumi. Sementara tanggal 28 Oktober adalah titik terdekat komet tersebut dengan matahari. Setelah tanggal tersebut, komet Hartley akan kembali menjauh dari matahari.

"Kalau masa hidup sebuah komet itu sangatlah panjang. Tergantung dari kondisi kapan materi dari komet tersebut akan habis ketika mengitari orbitnya," tambah Thomas.

Komet Hartley 2 ditemukan oleh Malcolm Hartley pada tahun 1986 di Schmidt Telescope Unit in Siding Spring, Australia. Sementara komet Hartley 1 juga ditemukan oleh Malcom Hartley pada 13 June 1985. Komet Hartley 1 terakhir kali dekat dengan bumi adalah pada bulan Mei 1999.

Ketika ditanya apakah LAPAN melakukan observasi khusus untuk penampakan komet Hartley 2 ini, Thomas menjawab tidak. Observasi yang dilakukan lebih bersifat perorangan.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar :

===Jangan di lihat aja tapi di baca juga!!!==== --------- ̿̿̿ ̿' ̿'\̵͇̿̿\з=(•̪●)=ε/̵͇̿̿/'̿'̿ ̿ -----------