id='x'>
=============================================================================== ======================================================================================================================

Menu==>>0000 Home ===|=== Website SMA Darussalam ===|===Berita Sains dan Tecno ===|===Jangan di klik!!!===|===Anti malaysia0000

===================================================================================================================

Minggu, 31 Oktober 2010

Planet Seukuran Bumi Cukup Melimpah


WASHINGTON - Satu dari empat bintang yang menyerupai Matahari di galaksi Milky Way mungkin memiliki planet-planet yang seukuran dengan Bumi. Ini memungkinkan sistem tata surya seperti kita mungkin ada cukup banyak dari dugaan semula.

Sebuah studi yang didanai oleh NASA di University of California, Berkeley, menemukan bahwa planet-planet kecil dibandingkan dengan planet-planet raksasa cukup umum keberadaannya di bintang-bintang terdekat. Demikian seperti yang dikutip dari Straits Times, Jumat (29/10/2010).

"Data tersebut memberitahukan kepada bahwa galaksi kita, yang kasarnya berisi 200 miliar bintang, setidaknya memiliki 46 miliar bintang yang seukuran dengan Bumi yang mengorbit pada bintang mereka dengan jarak seperti Bumi pada Matahari," ujar Geoff Marcy, yang menulis laporan tersebut.

Para ahli astronomi selama lima tahun menggunakan W.M Keck Observatory di Hawai untuk mencari 166 bintang yang menyerupai matahari di dekat tata surya kita, untuk ukuran planet-planet mulai dari tiga sampai 1000 kali Bumi. Hasil dari laporan tersebut menunjukkan bahwa jumlah planet kecil lebih banyak dari planet besar.

"Kami mempelajari beragam massa planet, seperti menghitung tebing-tebing, batu-batuan dan batuan kerikil di jurang-jurang planet," kata Andrew Howard dari UC Berkeley, penulis utama dari studi tersebut yang akan diterbitkan di jurnal Science.

"Teknologi kita belum bisa melihat secara langsung planet-planet tersebut, tapi kita bisa mengestimasi jumlah planet tersebut," tambah Howard.

"Planet-planet seukuran Bumi di galaksi kita seperti butir-butir pasir yang ada di pantai. Planet-planet ini tersebar di mana-mana," tambahnya.

Studi tersebut menyatakan bahwa planet-planet yang bisa ditinggali seperti Bumi mungkin ada cukup banyak di galaksi Milky Way. Planet-planet kecil ini mengorbit dengan jarak menengah dari Matahari mereka, yang memungkinkan bagi kehidupan untuk ada di dalamnya. Penelitian sama mengenai galaksi kita juga sedang dilakukan oleh pesawat Kepler milik NASA, yang diharapkan untuk bisa menemukan planet yang berukuran mirip dengan Bumi dalam beberapa tahun ke depan.
(srn)



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar :

===Jangan di lihat aja tapi di baca juga!!!==== --------- ̿̿̿ ̿' ̿'\̵͇̿̿\з=(•̪●)=ε/̵͇̿̿/'̿'̿ ̿ -----------